Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Lipoma adalah tumor jinak mesenkhimal yang berasal dari sel lemak. Lipoma dapat muncul di selutuh permukaan tubuh dengan prevalensi terbesar berada di daerah dengan jaringan lemak yang banyak (punggung, pangkal paha, lengan dll). Jika terdapat banyak disebut lipomatosis.

Tumor jenis ini tumbuh lambat. Memiliki batas dengan jaringan yang tidak nyata. Kapsul yang membungkus merupakan pseudokapsul yang berasal dari jaringan normal yang terdesak oleh pertumbuhan jaringan tumor. Oleh karena berasal dari jaringan lemak yang tidak rata maka akan muncul gambaran pseudolobulated pada palpasi. Oleh karena sifat sel lemak yang lunak seperti cairan maka sering dikatakan sebagai pseudokistik.

Penanganan tumor jinak ini dengan cara eksisi. Dengan anestesi umum atau lokal anestesi dilakukan eksisi lipoma. Tehnik anestesi lokal yang sering dilakukan adalah dengan infiltrasi. Lakukan infiltrasi disekitar lipoma dengan Lidocain 2 % hingga seluruh tepi masa terinfiltrasi. Lakukan insisi diatas masa, perdalam lapis demi lapis. Masa lipoma diangkat dengan bantuan klem/clam/pean. Masa tumor harus diangkat seluruhnya berikut jaringan sehat disekitarnya. Seandainya ada bagian yang tertinggal akan residif.