Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Nyeri didefinisikan sebagai perasaan subjektif yang tidak menyenangkan terhadap suatu kerusakan jaringan atau akan terjadinya kerusakan jaringan.

Sering kita mengalami nyeri pinggang dan punggung, baik nyeri tajam ataupun nyeri tumpul. Dikatakan nyeri tajam jika rasa nyeri dapat kita tunjukkan tempat/daerah yang terasa nyeri tersebut. Sedangkan pada nyeri tumpul kita sulit menerangkan batas bagian nyeri tersebut, bahkan terkadang hanya terasa pegal, kemeng atau tidak nyaman saja.

Nyeri tajam biasanya terjadi setelah tabrakan, kecelakaan, trauma atau gangguan perdarahan jantung serta nyeri kolik. Selain itu mungkin nyeri pinggang yang tajam dan hilang timbul. Nyeri kolik didefinisikan sebagai rasa nyeri yang sangat, hilang timbul, yang terjadi pada organ berongga yang berperistaltik yang bertujuan mengeluarkan suatu sumbatan. Nyeri kolik di pinggang sering diakibatkan oleh batu saluran kencing.

Nyeri kolik karena batu di saluran kemih akan dirasakan (refered) sesuai persyarafan. Pada batu ureter atas didekat ginjal akan terasa nyeri di perut atas dan di buah pelir. Contohnya batu ureter atas sebelah kanan akan terasa nyeri di perut kanan atas, hingga punggung, dan kadang terasa nyeri di buah pelir kanan. Nyeri di buah pelir kanan dapat terjadi oleh karena persyarafan yang sama. Nyeri akibat sumbatan ureter tengah akan dirasakan sebagai rasa nyeri yang mungkin dijalarkan ke pinggang. Sedangkan batu pada ureter bawah dapat terasa nyeri di paha tengah, kantung buah pelir (bukan buah pelirnya) dan ujung penis ataupun bibir luar vagina (labium majus pudendi).

Nyeri tumpul sering terjadi karena sumbatan total saluran kencing sehingga ginjal menggembung dan merangsang syaraf dikapsul ginjal. Penjelasan medisnya adalah: ketika ureter tersumbat total, maka urine akan tertumpuk di proksimal (sebelah atas) sumbatan. Ketika jumlah urine bertambah maka tumpukan urine tersebut akan mencapai ginjal. Saat kaliks dari ginjal menggembung dan teregang, maka kapsul ginjal ikut teregang sehingga muncullah rasa nyeri tersebut. Hal yang menyebabkan sumbatan tersebut biasanya batu saluran kencing, selain itu adalah penyempitan saluran kencing, dan tumor.

Tindakan yang perlu diperhatikan pada seseorang yang mengalami nyeri pinggang dan punggung adalah:

  1. Hentikan rasa nyeri dengan obat anti nyei yang sesuai,
  2. Kenali penyebab nyeri dan tangani hingga tuntas penyebab itu.