Tag

, , , , , , , , ,

Adalah suatu tindakan memotong vas deferens. Hal ini merupakan salah satu metode kontrasepsi mantap pria. Dengan memotong vas deferens diharapkan sperma tidak dapat mengalir. Perlu ditekankan bahwa tindakan ini adalah tindakan untuk kontrasepsi pria secara permanen, meskipun dapat dilakukan penyambungan ulang.

Tindakan operasi ini umumnya dilakukan dengan bius lokal, meskipun demikian dapat juga dilakukan dengan bius umum jika dikehendaki oleh pasien setelah mendengarkan untung ruginya. Pasien dapat segera pulang setelah tindakan, sehingga tindakan ini dapat dilakukan dengan rawat jalan.

Terdapat banyak cara operasi ini, tetapi tehnik yang akhir-akhir ini berkembang adalah vasektomi tanpa pisau. Pasien diposisikan terlentang dan kemudian dilakukan pembiusan lokal di kulit kantong buah pelir. Kedua vas deferens dipotong dan diikat.

Setelah tindakan ini pasien akan diberikan antibiotik dan anti nyeri untuk sekitar 7 hari. Luka sekitar 1cm, satu buah dan akan sembuh dalam waktu sekitar 4 hari. Selama masa penyembuhan itu disarankan pasien sedikit mengurangi aktifitas.

Hal hal yang dapat terjadi antara lain:

  1. Infeksi, meskipun dilakukan dengan cara yang steril masih mungkin terjadi infeksi, oleh karena itu diberikan antibiotik. Luka ditutup dengan pembalut luka tensoplast® atau handiplast® atau merk lain dan diganti jika basah.
  2. pendarahan dan bengkak pada buah pelir umumnya tidak terjadi karena luka sangat kecil.
  3. nyeri, oleh karena itu diberikan antibiotik. Pernah dilaporkan adanya nyeri setelah operasi meskipun luka telah sembuh.

Setelah terjadi penyembuhan, pasien jika berhubungan suami istri disarankan untuk memakai kondom selama 12 kali hubungan karena sperma masih ada di sebelah ujung dari potongan di vas deferens. Setelah itu disarankan untuk melakukan analisis semen. Jika didapatkan adanya spematozoa maka tindakan vasektomi harus diulang. Vasektomi dikatakan berhasil jika tidak terdapat adanya spermatozoa (sel benih) pada sperma yang dimuntahkan saat berhubungan suami istri.

Jika dimasa datang pasien kembali menginginkan anak maka dapat dilakukan penyambungan vas deferens meskipun hal ini sangat sulit. Penyambungan vas deferens atau sering disebut vasektomi reversal merupakan tindakan operasi yang dapat dilakukan oleh seorang urolog. Operasi ini sulit dan memakan banyak biaya.