Tag

, , , , ,

Nefrostomi adalah suatu tindakan medis yang dilakukan untuk membuat saluran (air kencing) dari ginjal menuju ke permukaan kulit. Tindakan ini pada umumnya dilakukan untuk mengalirkan kencing oleh karena adanya sumbatan dibawah ginjal yang mungkin karena batu saluran kencing, tumor, kanker ataupun pendesakan dari luar saluran kencing.

Tindakan nefrostomi dapat dilakukan dengan kondisi terbius umum ataupun dibius lokal saja. Pemilihan keduanya didasarkan pada kondisi klinis pasien. Contohnya : pada pasien anak anak kita tidak dapat memerintahkan untuk diam, oleh karena itu perlu dilakukan pembiusan umum. Contoh sebaliknya adalah pada pasien dewasa dengan kondisi yang baik dan koperatif maka dapat dilakukan dengan bius lokal.

Nefrostomi mungkin mungkin permanen ataupun temporer. Nefrostomi permanen mungkin dilakukan pada pasien dengan kanker di kandung kencing ataupun kanker leher rahim yang telah menyebar. untuk melakukan nefrostomi permanen ini dilakukan dengan bius umum. Pasien dengan batu ureter dan mengalami pembengakakn ginjal yang disertai berkumpulnya nanah harus dilakukan nefrostomi segera. Nefrostomi dalam kondisi ini dengan anestesi lokal.

Perlu diingat, jika seseorang dipasang nefrostomi harus menjaga kondisi nefrostomi tetap steril dan mengganti secara periodik. penggantian secara periodik mungkin 2 mingguan, bulanan atau 2 bulanan tergantung bahan nefrostomi dan temuan klinis.