Tag

, , , , , , , , , , , , , ,

seorang perempuan usia 38 tahun. mengeluh nyeri perut kiri sejak lebih dari 6 bulan yang lalu.

Menurut cerita pasien, dia dikatakan sakit gastritis, dalam bahasa jawanya maag oleh banyak dokter. Beraneka obatpun telah dikonsumsinya. Rasa nyeri tersebut hilang timbul. Terasa mengganggu kehidupan sehari hari. Jika terasa nyeri di perut kiri atas, beliau ke dokter, diberikan ranitidin, sukralfat dll. tetapi tetap tidak membaik. tidak terdapat riwayat kencing batu, ataupun kencing merah.

siang itu pasien bertemu saya. saat saya lakukan pemeriksaan pengetukan di pinggang kiri pasien menjerit heheheh. Saya berfikir, si ibu ini ada masalah di saluran kencingnya.

setelah saya beritahu kecurigaan saya, si ibu mengeluarkan USG ginjal (yang ternyata sudah pernah dilakukan……………………….BILANG DARI TADI KEK BU…….). dari USG tersebut tampak sedikit hidronefrosis ginjal kiri (hidronefrosis ringan). Ibu kemudian saya BNO-IVP

hasil dari BNO-IVP adalah: stenosis ureter  bawah kiri, batu ureter bawah kiri (diameter 6mm) dengan berkeloknya ureter kiri bagian atas. ginjal kiri sedikit membengkak (hidronefrosis gr II)

saya beri tahukan mengenai kondisi tersebut. pada malam harinya, IBu tersebut saya OPERASI URS (ureterorenoscopi) yaitu operasi pengambilan batu ureter tanpa sayatan. si ibu ikut melihat jalannya operasi, sehingga tahu mengenai batu, warna batu dan cara pemecahan batu. oleh karena terdapat penyempitan maka saya pasang DJ stent.

Setelah operasi kondisi ibu ini baik.

Pesan yang perlu diambil dari kasus ini:

1. jangan berfikir suatu keluhan hanya satu diagnosis, pikirkan kemungkinan yang lain.

2. pemeriksaan yang cermat akan memberikan hasil yang lebih memuaskan.

3. operasi batu saluran kencing dapat dilakukan tanpa irisan