Tag

pagi ini, saya didatangangi oleh seorang ibu ibu, usia sekitar 55 th. ibu ini mengeluh nyeri pinggang sebelah kanan.

setelah saya tanya tanya, ternyata sekitar 1 th yang lalu pasien operasi batu ginjal kanan di rumah sakit terkenal di Jakarta. ibu tidak mual muntah, tidak pernah kencing pasir ataupun batu.

sekitar seminggu yang lalu ibu ini saya minta foto BNO IVP. pagi ini ibu telah membawa foto BNO IVP.

We lha dalah……… dari foto tampak batu ginjal kiri komplit seperti tanduk rusa, kontras dapat mengalir ke kandung kencing dengan lancar. yang tidak kalah mengagetkan disisi kanan terpasang DJ stent, tampak ada batu sisa (sedikit, wajar saja karena dahulu katanya sangat banyak) dengan kontras terbendung.

asumsi saya: ginjal kiri masih baik dan ginjal kanan mungkin masih baik. kemungkinan dj stent telah diselimuti batu sehingga kontras tidak lewat.

saya tanya ke ibu mengenai pemasangan benda ini, ibu mengiyakan dulu memang dikatakan dipasang, tetapi masalah pengankatannya dikira tidak wajib. ternyata informed consent sangat penting, bahkan rumah sakit ******* (diedit) dapat kecolongan.

besuk coba saya upload fotonya.