Tag

, , , ,

Kebiasaan menahan kencing adalah suatu kebiasaan yang tidak baik. Terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi ketika seseorang menahan kencing antara lain terjadi infeksi kandung kencing, terbentuknya batu di kandung kencing yang akan menghambat aliran kencing dengan rentetan akibat lainnya.
air kencing adalah media yang sangat subur bagi bakteri. dalam keadaan air kencing tergenang, satu kuman bakteri akan beranak pinak menjadi banyak. seseorang yang menahan kencing akan menyebabkan tergenangnya kencing di kandung kencing. bakteri dari lubang alat kelamin dapat masuk menuju air kencing tersebut. setelah berada di genangan tersebut, bakteri akan membelah/beranak pinak.
dalam kondisi normal (jika terasa kencing langsung kencing) maka bakteri belum sempat membelah, air kencing sudah dikeluarkan dalam bahasa medis disebut flushing action. tetapi pada orang yang menahan kencing, orang tersebut memberikan kesempatan bagi bakteri membelah. dengan konsentrasi bakteri yang terus meningkat akan mengakibatkan terjadinya infeksi saluran kencing.
air kencing selain terdiri atas air juga mengandung banyak kristal/zat organik lainnya. saat kencing tertandon di kandung kencing dalam waktu lama, lambat laun akan mengendap. endapan inilah yang sering disebut batu kandung kencing. batu kandung kencing sering juga dijumpai pada orang dengan gangguan aliran kencing (pembesaran prostat, striktur uretra dan lainnya).
infeksi kandung kencing atau dalam bahasa medis disebut sistitis sering menimbulkan gejala sering kencing dan terasa nyeri. meskipun sering kencing, volume tiap berkemih hanya sedikit tidak sampai 300cc. selain itu kadang warna kencing kuning keruh bahkan kemerahan.
infeksi kandung kencing seandainya dibiarkan akan menjalar ke ginjal ataupun organ sekitarnya. sistitis dalam kondisi yang lebih berat akan disertai demam.
batu ginjal pada umumnya terbentuk di ginjal dan bukan karena hambatan saluran kencing bagian bawah.
demikian saya sampaikan semoga dapat memperluas wawasan kita